Sunny With A Chance Of Cloud

11 Apr 2015

Tips Merawat T_shirt

Posted by Debora on 21.30 with No comments
Bro and Sista
 T_shirt mungkin menjadi penghuni mayoritas lemari pakaian kita, apalagi bagi Bro and Sista yang suka pakai pakaian santai. Karena kesibukan kita, nongkrong, shoping, ngopi di cafe, nge_date, bikin tugas dll, kita jadi gak sempet nyuci pakaian dan menyerahkan kerjaan cuci mencuci ke laundry. sekali, baju kita masih ok, dua kali rada aneh, dan tiga kali, kita dapati baju kita udah kusam, melar, dan masi banyak lagi.Gimana kalo itu terjadi pada pakaian yang kita sayang? Pasti gak mau kan? So, ada baiknya Bro and Sista baca Tips berikut ini. 


Jangan Direndam Terlalu Lama 

Jangan merendam T_shirt terlalu lama. Usahakan untuk T_shirt yang baru pertama kali dicuci tidak direndam lebih dari 30 menit, dan untuk T_shirt lama tidak lebih dari 1 jam. Jangan pula rendam dalam air dengan deterjen berlebihan. Karena deterjen berlebih dapat mengakibatkan sablon pada T_shirt cepat rusak / terkelupas. 

Pisahkan saat dicuci 
PisahkanT_shirt Anda dengan pakaian lain, khususnya yang berwarna kuat seperti hitam, merah, biru, dsb dengan T_shirt berwarna putih. Hal ini guna mencegah seandainya warna kuat tersebut luntur tidak mengakibatkan T_shirt putih kesayangan kamu terkena dampaknya. Pisahkan juga antara pakaian yang kotor dengan yang kurang kotor agar kotoran tidak berpindah. 

Jangan disikat 
T_shirt berbahan cotton memiliki tekstur kain yang lembut. Hindari menyikat T_shirt tipe ini, karena dapat merusak tekstur kain. Hindari juga kucekan dan perasan yang kuat karena selain merusak pori-pori baju juga dapat mengonyak sablon, khususnya pada T_shirt selain warna putih dan abu. 

Jemur terbalik 
Tahukah kamu bahwa sinar matahari berlebih dapat mengakibatkan warna T_shirt dan sablon anda memudar. Untuk mencegahnya jemur T_shirt dengan posisi terbalik. Bagian dalam menghadap luar, dan bagian yang bersablon di dalam. 

Jangan digantung 
Hindari menggantung dengan hanger pada bagian leher T_shirt. Hal ini karena dapat mengakibatkan leher T_shirt lekas melar. Melarnya ini akibat tidak kuat menahan beban air yang ada pada T_shirt basah. Hindari juga menggantung T_shirt pada tali/kawat jemuran, karena kontur tali / kawat dapat dengan mudah merusak tekstur kain yang halus. 

Hindari Pemutih 
Hindari mencuci T_shirt bersablon dengan pemutih / detergen yang mengandung pemutih. Hal ini karena reaksi kimia pemutih dapat mengakibatkan sablon menjadi luntur / terkelupas. Disamping itu juga membuat T_shirt lebih cepat tipis dan kasar. 

Hindari mencuci dengan Mesin cuci 
Sebaiknya cuci T_shirt kamu secara manual dengan tangan. Mencuci dengan mesin cuci dapat mengakibatkan T_shirt menjadi melar, sablon cepat rusak dan pori - pori kain kasar. Hal ini karena saat berputar T_shirt akan menerima beban tarik - ulur dan gesekan dengan kain lain disekitarnya. 

Setrika 
Agar T_shirt Anda awet, sebaiknya selalu setrika setelah dicuci-jemur. Pastikan menyetrika baju dalam keadaan kering. Dan untuk T_shirt berwarna selain putih, hindari menyetrika pada bagian sablon. Atur juga agar posisi panas setrika Anda pada posisi sedang. 

Noda 
Apabila T_shirt kesayangan kamu terkena noda, segera cuci pada bagian yang bernoda. Gunakan shampoo/detergen, oleskan pada bagian nota. Gosok dengan halus dan bilas dengan air bersih hingga noda menghilang. 

T_shirt keren bukan untuk tidur 
Agar T_shirt kamu awet hindari menggunakannya untuk tidur. Mengapa? Karena T_shirt akan menjadi cepat kotor khususnya di bagian leher. Saat kamu tidur sadar atau tidak kamu sedang berkeringat. Kombinasi keringat dan kotoran debu pada seprai akan membuat T_shirt kamu kotor. Selain itu juga pressure pada T_shirt akan membuatnya lekas melar. Sayang kan kalo T_shirt keren dipakai buat tidur? :) 

Pakailah seperlunya 
Apabila kamu sayang dengan T_shirt kamu yang keren, sebaiknya pakailah seperlunya alias di saat-saat penting kamu perlu bergaya saja. Jangan CKP CKP alias cuci kering pake cuci kering pake :) Dan jangan lupa, simpanlah pada tempat yang kering dan tidak lembab! 

0 komentar:

Posting Komentar